Warga Keluhkan Bau Busuk TPA Sungai Dua

1343

KabarKalimantan, Batulicin – Sejumlah warga Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu akhir-akhir ini mulai mengeluhkan bau tak sedap dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sungai Dua.

Pasalnya, selain lokasinya memang berada dekat dengan pemukiman warga, bau tak sedap yang mulai meluber itu juga diduga lantaran pengelolaan sampah yang dilakukan tidak maksimal.

Ramlah, Salah satu warga setempat mengaku selama ini sangat terusik dengan tebaran bau sampah dari TPA milik pemerintah daerah tersebut.

“Apalagi selepas hujan, baunya sangat menyengat. Bahkan, lalat pun sampai masuk ke dalam rumah,” katanya kepada Redkal.com, Jumat (5/7/2019).

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu Rahmat Prapto Udoyo mengatakan,  pengelolaan sampah di TPA Sungai Dua tersebut sudah pihaknya lakukan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. “Kami juga sudah memiliki surat izin UPL/UKL dari pemerintah daerah,” jelasnya.

Baca Juga :   Kader KB-PPKBD Diharapkan Jadi Ikon Pembangunan Keluarga

Ia menerangkan, TPA Sungai Dua itu merupakan warisan dari Kabupaten Kotabaru sebelum menjadi milik Pemerintahn Kabupaten Tanah Bumbu.

Saat disinggung terkait apakah ada wacana untuk memindahkan lokasi TPA tersebut, ia tak bicara banyak. Pasalnya, terangnya, anggaran yang diperlukan sangat besar.

“Saat ini kami fokus kepada pembukaan lahan TPA yang berada di Desa Batu Bulan, Kecamatan Satui,” ucapnya singkat.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here