Warga Sungai Cuka Keluhkan Pertambangan yang Merambah ke Pemukiman

438

KabarKalimantan, Batulicin – Sebanyak empat warga Desa Sungai Cuka, Kecamatan Satui mengadu ke Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Bumbu, Selasa (5/11/2019) siang.

Keempat orang tersebut melaporkan terkait keresahan warga atas aktivitas pertambangan batubara PT PAMA yang sudah merambah ke pemukiman warga di perumahan Anugerah Griya Yasa.

Hendra Gunawan (41) salah satu warga yang terdampak langsung adanya aktivitas tambang batubara itu mengungkapkan, permasalahan ini sudah berlangsung bertahun-tahun.

“Memang dulunya pernah dimediasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Daerah Kabupaten Tanah Bumbu,  namun hingga saat ini tak ada kejelasannya,” keluhnya.

Penolakan aktivitas pertambangan yang menyasar ke pemukiman warga itu datang dari dua RT di Desa Sungai Cuka. Sebanyak 130 KK sudah menanda tangani surat keberatan atas adanya aktivitas tambang batubara tersebut.

“Semoga pihak wakil rakyat dapat memecahkan permasalahan ini,” ujarnya.

Menanggapi laporan warga tersebut, anggota Komisi III DPRD Tanbu H Hasanuddin mengaku akan menindaklanjuti dan membawa masalah itu ke Badan Musyawarah (Banmus)  untuk diagendakan pertemuan.

“Secepatnya kami akan mengecek lokasi tambang yang dipermaslahkan itu. Kemudian, pihak perusahaan tambangnya juga akan kami panggil ke kantor dewan,” kata Hasanuddin.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here