Sab. Jan 16th, 2021

Waspada Kosmetik Ilegal Berbahaya di Banjarmasin

1 min read

BANJARMASIN, KK – Maraknya peredaran kosmetik palsu di Banjarmasin, membuat BPOM Banjarmasin menarik perderan kosmetik ilegal yang sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat, Jumat (24/2/2017).

BPOM Banjarmasin menyebarkan informasi terhadap kosmetik yang ditarik dari perdaran karena mengandung bahan berbahaya agar dapat diketahui oleh masyarakat.

Hal itu juga disampaikan Ketua BPOM RI, Penny K Lukito dalam rangka pemusnahan barang ilegal, salah satunya berupa kosmetik palsu di depan kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin.

Selanjutnya ia menyampaikan, kosmetik yang tergolong kosmetik ilegal adalah yang tidak memiliki nomor notifikasi dari BPOM. Sedangkan kosmetik palsu adalah kosmetik yang dibuat dengan tidak memenuhi kaidah cara pembuatan kosmetik yang baik (CPKB) dan menggunakan bahan-bahan yang tidak seharusnya digunakan.

“Bisa produk kedaluwarsa yang telah diganti tanggalnya, produk yang dikemas ulang seolah-olah sama dengan merek aslinya,” kata Penny K Lukito.

Ia berpesan agar hati-hati terhadap kosmetik yang beredar secara ilegal tidak dapat dijamin keamanan, mutu, dan manfaatnya karena belum melalui proses penilaian dari BPOM.

“Penggunaan kosmetik tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan efek yang tidak diharapkan pada kulit penggunanya,“ ujarnya.

Dengan demikian ia mengharapkan masyarakat memiliki pengetahuan, sehingga kedepannya bisa membedakan antara kosmetik asli dan palsu yang beredar di pasaran. mar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.