Wisata Kampung Arab Banjarmasin Minim Wisatawan

23

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kendati sudah menjadi destinasi wisata, Kawasan Kampung Arab, Kelurahan Pasar Lama Banjarmasin hingga kini masih minim pengunjung. Selain itu, infrastruktur penunjang wisata itu melalui susur sungai pun masih belum memadai.

“Di lokasi wisata itu memang belum perlu infrastruktur penunjang, seperti dermaga. Padahal saat ini kita sedang menggalakkan wisata susur sungai,” kata anggota DPRD Banjarmasin Ir Sukhrowardi kepada wartawan, Kamis (10/10/2019).

Dengan kondisi itu pula, Ketua Fraksi Partai Golkar ini berjanji, akan memperjuangkan apa yang menjadi keinginan warga di Kampung Arab terkait kawasan wisata yang dinilai belum ditunjang infrastruktur yang memadai ini.

“Insya Allah akan kami perjuangkan keinginan warga Kampung Arab ini, hingga terealisasi,” ujanya.

Sementara itu, salah satu sukarelawan wisata Kampung Arab, Yuyun Zulfikar mengatakan, banyak potensi wisata di Kampung Arab yang belum dikelola dengan maksimal. Seperti sovenir dari kulit kambing dan kuliner khas Kampung Arab yang tidak dimiliki oleh kawasan lain di kota ini.

Baca Juga :   Dewan Banjarmasin Inginkan LPSE Kerja Jemput Bola

“Itu potensi wisata yang harus dikembangkan, agar menjadi ciri khas tersendiri bagi wisata di Banjarmasin. Termasuk pelatihan bagi warga setempat untuk menyambut wisatawan, terkait ramah tamah dan sopan santun kepada wisatawan,” terangnya.

Ia pun berharap, pemerintah setempat terus melakukan terobosan baru untuk meningkatkan minat wisatawan yang berkunjung melalui wisata susur sungai.

“Apalagi jika ada pengunjung yang ke Wisata Pasar Terapung Kuin, pasti melalui Kampung Arab ini. Jadi memang harus ada dermaga di lokasi ini, agar pengunjung atau wisatawan dapat singgah,” harapnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here