Sab. Sep 26th, 2020

Wow, Sampah di Pulang Pisau 25,68 Ton per Hari 

1 min read

PULANG PISAU, KK – Seiring meningkatnya jumlah penduduk di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), jumlah sampah turut meningkat. Dalam sehari sekitar 25,68 ton sampah dibuang warga Pulpis.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pulpis, Wartoni mengatakan jumlah sebanyak itu berasal dari sampah organik dan non organik.

“Ini berasal dari sampah harian dari rumah tangga, kantor, pasar, fasilitas publik dan perniagaan di TPA,” urai Wartoni kepada Kabar Kalimantan.

Dikatakan dia, dalam permasalahan sampah ini seharusnya setiap RT memiliki bak tertutup. Namun selama ini kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya ia rasa masih kurang.

“Sudah seharusnya setiap RT memiliki bak komposter. Jadi sampah organik akan dihancurkan menjadi pupuk, sedangkan non organik seperti plastik didaur ulang,” paparnya.

Tidak hanya permasalahan sampah di TPA yang mencapai puluhan ton. Bahkan sebanyak 16,98 ton di bank sampah hingga saat ini belum maksimal pengelolaannya. “Hal seperti ini yang harus kita benahi ke depannya. Kita harus memiliki regulasi khusus,” lontarnya. rud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.