Sel. Mei 26th, 2020

Yamin Inginkan Pemerintah Turun Tangan Cegah ISPA

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Wakil Ketua DPRD Banjarmasin sementara, M Yamin mengimbau kepada Dinkes Banjarmasin untuk melakukan upaya pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di kota ini.

“Kalau menurut data dari dinas terkait, kondisi udara di kota ini belum gawat, tapi alangkah baiknya pencegahan dini dilakukan,” ujar Yamin usai melaksanakan sholat istisqa di Basirih,  Banjarmasin Barat, Jum’at (20/9/2019).

Yamin menilai, saat ini potensi penyebaran infeksi saluran pernapasan akut sangat tinggi, terutama bagi anak-anak, siswa taman kanak-kanak, siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

Hal itu disebabakan adanya kebiasaan anak-anak yang lebih suka beraktivitas di luar ruangan dan enggan menggunakan masker. Padahal kondisi udara di Banjarmasin saat ini mulai diselimuti kabut asap.

Pihaknya pun menginginkan, Dinkes Banjarmasin segera turun ke lapangan untuk memberikan pencegahan dini dan langkah pertama untuk mencegah ISPA bagi masyarakat di Kota Seribu Sungai, khususnya bagi siswa sekolah.

Baca Juga :   Komisi III DPRD Banjarmasin Rapat Bersama Kominfo Bahas Corona

“Bisa saja Dinkes memberikan masker untuk anak-anak sekolah itu. Tapi, apapun teknisnya, Dinkes yang lebih tau,” katanya.

Selin itu, Legislator Gerinda ini juga sangat mengapresiasi langkah dan upaya pemerintah pusat dan daerah dalam menanggulangi merebaknya kabut asap di Kalimantan.

Termasuk para pemadam kebakaran yang tak henti-hentinya bekerja untuk memerangi karhutla. “Terima kasih kepada kawan-kawan pemadam yang bekerja dengan gigih. Dan semoga musim kemarau ini segera berakhir,” harapnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.