Bakula 2, STB Uniska ajan Pentaskan Opera Kecoa bagian 1 Karya N Riantiarno

Avatar

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sanggar Titian Barantai (STB) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al-Banjari (MAB), kembali akan melaksanakan pertunjukan yang bertajuk Bakula 2 (Bakumpulan Kaluarga ) pada 13 dan 14 Juli 2024 di Gedung Balairung Sari, UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan.

Ketua Panitia Pelaksana Bakula 2, Muhammad Yusrian Noor mengatakan, Pertunjukan dengan tajuk Bakula ini merupakan agenda rutin yang digelar Sanggar Titian Barantai atau STB Uniska dalam rangka peningkatan kreativitas, pengkaryaan serta pertunjukan.

“”Alhamdulillah, tahun ini STB Uniska dapat kembali menggelar Bakula 2 setelah cukup lama tidak digelar karena terkendala persiapan pelaksanaan STIGMA 6 Banjarmasin kemarin,”” kata mahasiswa Uniska yang akrab disapa Rian tersebut.

Rian menuturkan, Bakula 2 yang mengusung tema “Berkarya Sepenuh Hati” memiliki makna bagi para anggota STB Uniska untuk memberikan dedikasi, loyalitas, totalitas, dan kualitas terhadap karya yang akan dipertunjukkan kepada masyarakat banua nanti.

“Jadi, kualitas karya yang dihasilkan, tidak hanya akan bermakna pada diri sendiri, tetapi juga memberikan dampak positif bagi orang lain dan lingkungan sekitar,” ucapnya.

Adapun untuk pertunjukkan yang akan ditampilkan STB Uniska pada pagelaran Bakula 2 tahun ini, Rian menyampaikan bahwa STB Uniska akan menampilkan pementasan teater dengan naskah karya N.Riantiarno berjudul Opera Kecoa Bagian 1 yang di Sutradarai oleh Musripani, melibatkan hampir 30 aktor, 40 orang tim produksi dan 50 orang kepanitiaan.

“Melewati berbagai latihan dan persiapan, in syaa Allah kami STB Uniska siap untuk menampilkan pertunjukkan Opera Kecoa bagian 1 dengan maksimal. Dimana pertunjukkan ini akan menceritakan kondisi masyarakat yang terpinggirkan dan konflik karena ulah para penguasa,” tuturnya.

Rian berharap, melalui Bakula 2 yang akan dilaksanakan 2 hari berturut-turut ini, para penikmat atau penonton mendapat edukasi dan dampak positif dari pementasan yang akan ditampilkan oleh STB Uniska.

“Untuk itu, yang ingin membeli tiket, merchandise dan info tentang Bakula 2 bisa cek di @stbuniskabjm atau datang langsung ke Sekretariat STB Uniska,” pungkasnya.

Diketahui, STB Uniska telah beberapa kali menggelar pertunjukan bersifat kolosal diantaranya, Lysistrata dan Sampek Engtay. Sebelumnya, STB Uniska juga sukses sebagai tuan rumah dalam melaksanakan kegiatan berskala nasional yaitu STIGMA 6 Banjarmasin.[]

Syahri Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *