Golkar (Masih) Kuasai Rumah Banjar

Avatar

KabarKalimantan, Banjarmasin – Partai Golkar diprediksi kembali menjadi jawara pada pemilihan umum legislatif di Kalimantan Selatan.

Berdasarkan perhitungan internal, Parpol berlogo Pohon Beringin ini unggul atas parpol-parpol lain yang berkompetisi memperebutkan suara rakyat di Bumi Lambung Mangkurat.

Kemenangan yang diraih pun kemungkinan besar membuat Golkar menjadi penguasa alias pemilik kursi terbanyak di DPRD Kalsel atau Rumah Banjar.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Kalsel DR (HC) H Supian HK SH MH mengungkapkan, perolehan kursi Golkar di DPRD Kalsel cukup mengembirakan. “Insya Allah Golkar masih bisa mempertahankan 12 kursi di DPRD Kalsel,” ucapnya kepada sejumlah wartawan, Senin (19/2/2024).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kalsel ini menuturkan, hasil penghitungan sementara yang dilakukan pada beberapa daerah pemilihan (dapil) perolehan suara Golkar melonjak tinggi.

“Untuk dapil saya yakni dapil 5 yang meliputi Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong perolehan suara melonjak signifikan,” ujarnya. Supian HK mengungkapkan, pada Pemilu 2019-2024 perolehan suara pribadinya hanya sekitar 19 ribu. “Tahun ini dari hitungan sementara mendapatkan lebih dari 30 ribu suara,” tandasnya.

Ia menambahkan, perolehan suara caleg lain dari Dapil 5 pun cukup mengembirakan dengan kenaikan signifikan. “Di dapil 5 hampir dipastikan Golkar meraih 2 kursi. Bahkan, bisa saja 3 kursi tergantung perhitungan akhir nanti,” tegasnya.

Ia menjelaskan, kenaikan perolehan kursi di DPRD Kalsel tak hanya pada dapil 5. Supian HK memprediksi pada dapil lain juga mengalami hal serupa. Ia menyebut pada dapil 7 yang meliputi Banjarbaru dan Tanah Laut diperkirakan meraih 2 kursi.

Namun, ia tak menampik jika ada penurunan jumlah perolehan kursi. Ini terjadi pada dapil 3 di Barito Kuala. “Pemilu sebelumnya Golkar meraih 2 kursi. Diperkirakan 2024 ini hanya 1 kursi,” jelasnya.

Sementara di dapil 6 Tanah Bumbu dan Kotabaru, Supian HK optimis mampu mempertahankan 2 kursi seperti pemilu sebelumnya. Sedangkan untuk dapil 1 yang meliputi Banjarmasin masih sama seperti pemilu sebelumnya yakni 1 kursi.

“Untuk perolehan suara Golkar di dapil lainnya saya kira masih sama seperti pemilu sebelumnya. Pada intinya, Golkar masih bisa mempertahankan jumlah kursi. Sekarang ini hanya menunggu hasil resmi KPU,” ucap Supian HK.

Sementara itu, berdasarkan infopemilu.kpu.go.id, perolehan suara Partai Golkar di Kalsel masih unggul jauh dibandingkan dengan parpol lainnya. Dari data tersebut per 19 Februari 2024 Pukul 11.00 Wita, Partai Golkar meraih 131.744 suara. Data ini merupakan progres dari 6087 TPS dari 13.584 TPS atau 44,81 persen.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *