Layani Arus Mudik Lebaran 2024, Pelindo Regional 3 Kalimantan Siapkan 5 Terminal Penumpang

Avatar

KabarKalimantan, Banjarmasin – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional 3 Kalimantan mulai melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini khususnya via jalur laut.

Sedikitnya 5 terminal penumpang dan RoRo di wilayah kerja disiapkan untuk melayani arus mudik lebaran 2024 yang diprediksi akan meningkat.

Sejumlah langkah antisipasi tersebut meliputi penyiapan terminal penumpang yang ada di masing- masing pelabuhan. Termasuk penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

Junior Manager Umum dan Humas Pelindo Regional 3 Kalimantan menyampaikan, Suprayogi Sumarkan menyampaikan, sedikitnya terdapat 5 terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3 Kalimantan yang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran 2024 ini.

Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

Sejumlah Pelabuhan seperti Trisakti, Kumai, Batulicin, Sampit hingga Kotabaru di prediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang signifikan dibanding hari biasanya. Diprediksi angka total penumpang mudik lebaran tahun ini pada 5 Pelabuhan dimaksud akan mencapai 172.000 orang.

“Kami telah melakukan persiapan dan koordinasi intens dengan internal perusahaan dan stakeholder terkait seperti Otoritas Pelabuhan dan Perusahaan Pelayaran untuk memastikan seluruh layanan untuk pemudik terpenuhi,” kata Suprayogi melalui keterangan pers yang diterima redkal.com, Senin (1/4/2024).

Suprayogi mengatakan, peningkatan jumlah pemudik via jalur laut juga berpotensi terjadi pada arus mudik lebaran tahun ini pasca ditambahkannya hari libur lebaran dan cuti bersama oleh pemerintah.

Oleh karenanya pihaknya menghimbau kepada seluruh General Manager Pelabuhan yang mengelola terminal dibawahnya untuk melakukan persiapan lebih dini.

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami memliki fasilitas umum seperti fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini mulai sekarang,” tutupnya.

Sebelumnya arus mudik lebaran via jalur laut menjadi salah satu alternatif favorit para pemudik di Indonesia, Pelindo sendiri mencatat setidaknya terdapat sekitar 151.231 orang yang hilir mudik di 5 pelabuhan kelolaan Pelindo Regional 3 Kalimantan. Jumlah ini diprediksi akan meningkat tahun ini.

Smara Aqdimul Azmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *