Paman Birin bersama Acil Odah Lepas Tim Petugas Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban

Avatar

KabarKalimantan, Martapura – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor didampingi Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah melepas tim petugas pemeriksaan hewan qurban kabupaten kota di Masjid Agung Al Karomah, Kabupaten Banjar, Minggu (16/6/2024).

Usai menyerahkan bantuan kemasyarakatan Presiden RI Joko Widodo berupa hewan sapi kurban berjenis crossing Brahman-Limousin dengan berat 1.080 kg, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin bersama Acil Odah selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan melepas secara simbolis tim pemeriksa hewan kurban di seluruh kabupaten kota se- Kalsel.

Paman Birin mengungkapkan pelepasan tim pemeriksa hewan kurban ini dalam rangka untuk memastikan dan menjamin hewan yang akan dipotong pada peringatan Hari Raya Idul Adha dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi.

“Jadi kita siapkan teman-teman dokter hewan yang ada di Kabupaten Kota untuk memastikan kembali ternak yang akan dipotong dan daging yang akan dikonsumsi oleh masyarakat kalsel aman,” kata Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Suparmi menyampaikan, kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini rutin digelar setiap tahunnya dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Adha yang tersebar di seluruh kabupaten kota.

“Kita menerjunkan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban yang tersebut di seluruh kabupaten kota dan bekerjasama dengan semua dinas yang membidangi peternakan dan kesehatan hewan,” ucapnya.

Suparmi menjelaskan, tim pemeriksa kesehatan hewan ternak sudah dilakukan H-2 minggu peringatan Hari Raya Idul Adha. Mulai dari pemeriksaan hingga saat pemotongan hewan kurban dilaksanakan.

“Tim pemeriksa kesehatan akan menjaga dan memastikan hewan kurban dalam kondisi aman,” ungkapnya.

Terkait penyakit hewan menular, Suparmi menuturkan, semua kondisi sehat dalam 2 pekan terkahir dan sudah terkendali, namun menurutnya harus tetap melakukan pengawasan terhadap hewan ternak.

“Alhamdulillah penyakit hewan menular di Kalsel sudah terkendali, tapi kita tetap harus melakukan pengawasan dan menjamin masyarakat yg berkurban maupun yang menerima daging kurban ada hewan yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal atau ASUH,” ucapnya.

Adapun ketersediaan hewan di tahun ini lebih dari 21 ribu terdiri dari sapi, kerbau dan kambing.[]

Syahri Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *