Paman Birin Buka Kemah Besar Penggalang 2024, Bentuk Karakter dan Kepribadian Generasi Muda Banua

Avatar

KabarKalimantan, Martapura – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kalsel, membuka resmi Kemah Besar Penggalang (Kemsarlang) Tingkat Daerah Kalsel Tahun 2024 di Alam Roh 20 Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kamis (27/6) sore.

Kemsarlang 2024 akan berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 27 hingga 30 Juni 2024, dengan rangkaian kegiatan yang mencakup lomba kepramukaan, kegiatan keagamaan, bakti sosial, dan aktivitas lainnya.

Acara ini dihadiri oleh 104 regu penggalang, terdiri dari 52 regu putra dan 52 regu putri, beserta para pembina pendamping, yang berasal dari 13 Kwartir Cabang (Kwarcab) di Kalsel dengan jumlah keseluruhan peserta mencapai 949 orang.

Kemsarlang 2024 bertujuan untuk memberikan wadah pembinaan dan pendidikan bagi pramuka penggalang dalam mengamalkan kode kehormatan Pramuka, yaitu Trisatya dan Dasa Darma Pramuka, sebagai salah satu upaya mencapai tujuan dan sasaran gerakan Pramuka.

Dengan mengusung tema “Bersama Mewujudkan Pramuka yang Unggul, Berkualitas, dan Berkarakter”, Kemsarlang 2024 diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang berprestasi, berkarakter, dan cinta tanah air.

Dalam sambutannya, Paman Birin menyampaikan apresiasi yang besar kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

“Saya selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalsel, mengucapkan terimakasih kepada Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka dan seluruh jajaran, yang tak kenal lelah dan terus bergerak memajukan gerakan Pramuka di Kalsel.” ucap Paman Birin.

Paman Birin menekankan pentingnya kegiatan pramuka dalam membentuk karakter dan kepribadian generasi muda.

“Kegiatan seperti ini semakin memperkokoh tekad, semangat, dan komitmen kita bersama untuk memantapkan Gerakan Pramuka dalam membangun generasi yang lebih baik di masa depan,” ujar Paman Birin.

Lebih lanjut, Paman Birin menyoroti keberadaan adik-adik pramuka berkebutuhan khusus yang turut serta dalam kegiatan ini.

“Kegiatan kemah penggalang ini bukan hanya sekadar perkemahan biasa, apalagi di Kemsarlang Tahun 2024 ini juga ikut serta adik-adik pramuka berkebutuhan khusus dari kalangan disabilitas. Mereka terbatas, tapi saat ini mereka hadir di tengah kita melampaui keterbatasan,” tambahnya.

Selain itu, Paman Birin, menyampaikan empat pesan penting kepada para peserta kemah.

Pertama, beliau mengingatkan peserta untuk memanfaatkan waktu dengan baik selama mengikuti kemah ini.

“Manfaatkan setiap waktu dan kegiatan yang ada untuk belajar hal-hal baru. Jangan sia-siakan kesempatan untuk menggali pengalaman yang berharga,” kata Paman Birin dengan penuh semangat.

Kedua, beliau menekankan pentingnya kebersamaan dan kerjasama dalam kehidupan pramuka.

“Kebersamaan dan kerjasama adalah kunci utama dalam menghadapi segala tantangan. Mari kita saling membantu, saling mendukung, dan saling menghormati satu sama lain,” tambah Paman Birin, disambut sorakan antusias dari para peserta.

Ketiga, Paman Birin mengajak semua peserta untuk menjaga disiplin dan tanggung jawab.

“Kedisiplinan adalah kunci keberhasilan dalam setiap kegiatan pramuka. Patuhi semua aturan dan arahan dari kakak-kakak pembina. Jaga tanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompok,” Tutur Paman Birin.

Terakhir, beliau menyoroti pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama berkemah di alam terbuka.

“Kita berkemah di alam terbuka, maka kita harus menjaga kebersihannya. Jangan meninggalkan sampah sembarangan dan selalu berusaha menjaga kelestarian lingkungan sekitar kita,” tegas Paman Birin.

Puncak acara pembukaan Kemsarlang 2024 ditandai dengan pemukulan gong oleh Paman Birin didampingi Ketua Harian kwartir daerah Kalsel, Achmadi.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan peninjauan stand makanan nusantara oleh para tamu undangan dan peserta dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Acara Pembukaan dihadiri oleh Forkopimda Kalsel, sejumlah Kepala SKPD lingkung Kalsel, 13 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) se-Kalsel serta tamu undangan lainnya. (rfq/adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *