Berita  

Di Hadapan Presiden Jokowi, Paman Birin Mendapat Apresiasi dari Ketua PWI Pusat di Puncak HPN 2024

Avatar

KabarKalimantan, Jakarta – Nama Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin disebut Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun di hadapan Presiden Joko Widodo karena bersedia menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV pada bulan Agustus 2024.

Apresiasi kepada Gubernur Paman Birin ini disampaikan Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun di awal sambutannya pada puncak peringatan Hari Pers di di Ecovention Ancol Jakarta Utara Selasa (20/2/2024) sore.

“Yang kami hormati Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang sudah bersedia menjadikan daerahnya tuan rumah Porwanas bulan Agustus mendatang,” sebutnya.

Disebutnya nama Paman Birin sebagai bentuk apresiasi karena telah turut mendukung olahraga para insan pers setiap tahun.

Atas apresiasi itu, Paman Birin pun menyatakan komitmen penuh Pemprov Kalsel bersama PWI Kalsel siap menyambut tamu wartawan se- Indonesia yang datang ke Kalsel Babussalam pada bulan Agustus nanti.

Selain itu, siap sebagai tuan rumah, gubernur dua periode ini juga menyatakan siap menyambut tamu yang datang ke Banua dan memberikan pelayanan terbaik.

“In syaa Allah, Kalsel siap menjadi tuan rumah Porwanas 2024. Kita akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para insan pers datang dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

Paman Birin mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sangat menyadari peran strategis pers. Sejauh ini, Pemerintah Daerah selalu menggandeng pers dalam berbagai penyebaran informasi aktivitas pembangunan.

“Sinergi bersama untuk memajukan daerah melibatkan semua pihak, termasuk peran pers di dalamnya,” sebut Paman Birin.

Pada Porwanas 2024 ini, Paman Birin menyampaikan akan mengangkat tema Geopark Meratus “The Soul of The Borneo” yang memiliki makna Geopark Meratus sebagai jiwanya Borneo. Yakni jiwa yang memancarkan kekayaan alam dan budaya Borneo atau Kalimantan secara keseluruhan.

Adapun cabor yang dipertandingkan dalam Porwanas 2024 diantaranya bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, bridge, futsal, atletik, E-sport, balogo, catur, biliar, kartu domino, karya jurnalistik seperti fotografi, ataupun live report radio.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengapresiasi peran pers dalam menyukseskan Pemilu 2024 yang berjalan dengan baik.

Presiden Joko Widodo mengatakan, dirinya telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) soal Publisher Rights.

“Setelah sekian lama, setelah melalui perdebatan yang panjang, akhirnya kemarin saya tandatangani untuk Perpres Publisher Rights,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, pemerintah juga ingin memastikan keberlanjutan industri media nasional. Pemerintah juga kita ingin kerja sama yang lebih adil antara perusahaan pers dan platform digital sekaligus memberikan kerangka umum yang jelas bagi kerja sama perusahaan pers dan platform digital.

“Perpres ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengurangi kebebasan pers. Saya tegaskan bahwa perpres publisher rights lahir dari keinginan dan inisiatif insan pers,” ujar Jokowi.

Presiden menuturkan, dirinya pun sudah mendengarkan aspirasi berbagai pihak sebelum meneken aturan baru ini, mulai dari Dewan Pers, asosiasi pers dan perwakilan perusahaan pers.

Hari Pers Nasional 2024 bertema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa”. Tema ini dipilih tentu dalam rangka pesta demokrasi dalam suasana pemilu 2024.

Peringatan puncak HPN 2024 ini juga dihadiri Ketua Dewan Press Ninik Rahayu, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Walikota/Bupati se-Indonesia.

Gubernur Paman Birin pada kesempatan itu hadir diwakili Kepala Dinas Kominfo Kalsel H M Muslim dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) H Berkatullah.(syh/adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *