Bupati Balangan dan Ratusan Masyarakat Ikuti Kegiatan “Bagagap Iwak” di Desa Panggung

Avatar

KabarKalimantan, Paringin – Ratusan masyarakat ramai mengikuti kegiatan Bagagap Iwak atau menangkap ikan dengan tangan maupun jala di Desa Panggung, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Rabu (12/6/2024).

Keseruan menangkap ikan ini dilaksanakan di lahan milik masyarakat yang digunakan oleh empat desa yakni Desa Inan, Panggung, Maradap dan Galumbang atau lebih dikenal dengan nama Tabat Besar Kali Maraup, dan telah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat setempat.

Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan, kegiatan yang sudah berlangsung puluhan tahun rutin digelar setiap tahunnya pasca panen padi oleh masyarakat setempat, yang diartikan sebagai bentuk syukur atas panen yang dihasilkan.

Ia melanjutkan, antusias masyarakat juga sangat besar saat mengikuti tradisi tahunan tersebut. Hal ini terbukti dengan penuhnya kolam-kolam yang telah disediakan oleh panitia pada lomba Bagagap Iwak.

“In syaa Allah tahun depan kegiatan ini akan kita masukkan ke dalam event tahunan Kabupaten Balangan agar orang makin banyak datang ke sini nantinya dalam menyaksikan event yang meriah ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Panggung, Yusnadi mengungkapkan kegiatan Bagagap Iwak sudah turun-temurun dilaksanakan dari warga desa setempat.

Menurutnya, tradisi tahunan tersebut juga sudah dilakukan untuk ketiga kalinya bersama bupati dengan beragam hadiah lomba yang juga diberikan langsung oleh bupati.

“Semoga dengan digelarnya kegiatan ini dapat mengenalkan kepada masyarakat luar, agar nantinya pada saat pelaksanaan bisa kembali semakin meriah,” katanya.

Hadrianor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *