Jelang Musim Karhutla di Kabupaten Balangan, Manggala Agni Lakukan Koordinasi dengan BPBD

Avatar

KabarKalimantan, Paringin – Dalam rangka menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Balangan, Manggala Agni melakukan koordinasi dengan BPBD Balangan.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Jumaidil Hairi, Minggu (7/7/2024) mengatakan, Manggala Agni juga akan berencana melaksanakan patroli di wilayah Kecamatan Halong.

Ia juga mengapresiasi kegiatan tersebut karena bertujuan untuk penyadartahuan masyarakat akan bahaya karhutla secara terpadu, dengan tetap memperhatikan kearifan lokal masyarakat.

“Kegiatan tersebut juga mendukung upaya deteksi dini dan penanggulangan dini kejadian karhutla secara terpadu dan mewujudkan kehadiran pemerintah dalam pencegahan karhutla,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa pelaksanaan fasilitasi kegiatan Patroli dan Posko Pencegahan Karhutla Terpadu di Kalimantan Selatan tersebut di atas telah dilaksanakan secara rutin sejak 2016 oleh Anggota Manggala Agni Balai PPI Wilayah Kalimantan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dengan mengikutsertakan unsur TNI, PolriI, Aparat atau Masyarakat di tingkat Kelurahan/Desa.

“Pada tahun ini, fasilitasi kegiatan Patroli dan Posko Pencegahan Karhutla Terpadu di Kalimantan Selatan akan dilaksanakan secara bertahap yaitu tahap I pada tanggal 16 Juli sampai dengan 14 Agustus 2024 dan tahap II pada tanggal 1 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2024, pada kelurahan/desa rawan Karhutla di Provinsi Kalimantan Selatan,” katanya.

Ia mengharapkan dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu pemerintah dalam menekan dan meminimalisir kejadian karhutla di Kabupaten Balangan terutama diwilayah yang menjadi fokus patroli oleh Manggala Agni yaitu Kecamatan Halong.

Hadrianor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *