“Jurnal Balangan”, Layanan Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Avatar

KabarKalimantan, Paringin – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan berperan dalam kebijakan untuk urusan pemerintahan wajib salah satunya pengelolaan informasi dan komunikasi publik.

Dalam kegiatan penyebarluasan informasi Diskominfosan Kabupaten Balangan menjalin kerja sama dengan perusahaan media swasta, baik media cetak, media online dan media elektronik.

Namun kerjasama dengan perusahaan swasta masih belum bisa maksimal karena masih ada area blankspot di Kabupaten Balangan sehingga informasi tidak bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Di samping itu, baik dari pemerintah daerah maupun perusahaan swasta masih belum optimal dalam  menyebarkan informasi pembangunan daerah sampai ke desa/kelurahan se- Kabupaten Balangan.

Berdasarkan permasalahan di atas, inovasi pemerintah daerah sangat diperlukan dalam upaya mencapai pelayanan informasi publik yang optimal. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan melalui Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik telah melakukan pelayanan informasi publik melalui media cetak, media online, dan media elektronik baik yang dilaksanakan oleh Diskominfosan Balangan sendiri maupun melalui kerjasama dengan perusahaan swasta namun masih belum optimal untuk penyebarluasan informasi ke seluruh lapisan masyarakat.

Untuk Optimalisasi Layanan Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan menerbitkan “Jurnal Balangan” yaitu inovasi pelayanan informasi publik yang merupakan layanan penyebarluasan informasi pembangunan daerah melalui media cetak berupa jurnal yang di distribusikan langsung ke seluruh SKPD, Desa/Kelurahan, dan Instansi Vertikal di Kabupaten Balangan.

Inovasi Jurnal Balangan diharapkan mampu menyampaikan Informasi kepada seluruh lapisan masyarakat lebih efektif dan efisien, Penduduk di daerah blankspot dapat menerima informasi terkait pemerintahan dan pembangunan daerah secara akurat dan dapat dipercaya, dan meningkatkan literasi masyarakat, serta sebagai sarana masyarakat mendapatkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya sebagai upaya untuk melawan hoax.

Hadrianor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *