Pembinaan Pramuka Balangan Semakin Berkualitas, Pelatihan KMD dan KML Diadakan di SMPN 3 Batumandi

Avatar

KabarKalimantan, Paringin – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Balangan gelar pelatihan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML).

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan Kwarcab Balangan selama enam hari, dari tanggal 2-7 Juli 2024 di SMPN 3 Batumandi, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan.

Dalam acara pembukaannya turut hadir langsung Ketua Kwarcab Balangan Majidatul Ulya, bersama Camat Batumandi H Abdul Khair, serta Perwakilan Pemkab Balangan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari kepolisian dan TNI setempat, serta diikuti oleh 60 kakak-kakak pembina dari Kwaran di delapan kecamatan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para pembina dalam mengelola kegiatan kepramukaan di daerah mereka masing-masing.

Ketua Kwarcab Balangan, Majidatul Ulya dalam sambutannya mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi semangat dan dedikasi para pembina yang telah hadir dalam pelatihan ini.

“Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal yang bermanfaat dalam mengembangkan potensi kepramukaan di wilayah Balangan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, terutama kepada Pemkab Balangan, kepolisian, dan TNI,” ucapnya.

Pelatihan KMD dan KML ini merupakan langkah nyata Kwarcab Balangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan kepramukaan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pembina dapat lebih siap dan kompeten dalam menjalankan tugas-tugas kepramukaan, sehingga dapat menciptakan generasi muda yang lebih berkualitas dan berkarakter.

Ia berharap dengan pelatihan ini, para pembina dapat memperoleh ilmu dan pengalaman yang berharga, serta mampu menerapkannya dalam kegiatan kepramukaan di daerah masing-masing. Mari bersama-sama kita wujudkan Balangan yang lebih maju melalui pendidikan kepramukaan yang berkualitas.

“Semoga pelatihan ini menjadi momentum penting bagi Kwarcab Balangan untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pembinaan pramuka di daerahnya. Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kepramukaan di Balangan,” tutupnya.

Hadrianor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *