Pemkab Balangan Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

Avatar

KalimantanKabar, Paringin – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi lV Pertahanan Kalimantan, di Halaman Kantor Bupati Balangan, Kecamatan Paringin Selatan, Jum’at (17/5/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Balangan, Akhmad Fauzi, dengan dihadiri peserta dari ASN, TNI, Polri dan para pejabat lainnya.

Akhmad Fauzi saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalsel menyampaikan, Proklamasi Kalimantan 17 Mei 1949 adalah sebuah proklamasi yang menyatakan Kalimantan bagian yang tak terpisahkan dari Republik Indonesia sebagai reaksi atas Perjanjian Linggarjati.

Peringatan ini juga merupakan momentum untuk mengingat aksi heroik para pendahulu dan dari pengorbanannya mengajarkan tentang semangat juang serta sikap pantang menyerah dalam ruang gerak terbatas sekalipun.

Kerjasama dan solidaritas yang dibingkai dalam rasa cinta tanah air menjadi kunci untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan sejati.

Lebih lanjut, dalam upacara yang berlangsung Akhmad Fauzi mengajak para generasi muda untuk terus mengenang dan meneladani semangat juang para pahlawan terdahulu.

“Diharapkan kita dapat mengambil hikmah dari peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, ceritakan perjuangan mereka kepada anak dan cucu kelak. Karena sejatinya, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya,” pungkasnya.

Hadrianor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *