Bukber dan Sahur di Desa Jambu, Pj Bupati Ajak Warga Berpikir Visioner, Tingkatkan Ibadah dan Bersyukur

Avatar

KabarKalimantan, Marabahan – Silaturrahmi Penjabat (Pj) Bupati Mujiyat dengan masyarakat tidak terhenti pada moment formal Safari Ramadhan ke-10. Pj Bupati beserta jajarannya.

Safari Ramadhan non formal bupati dan keluarga pun setiap hari dilaksanakan. Wadahnya dalam buka puasa bersama (bukber) atau sahur bersama bahkan keduanya sekaligus.

Rutinitas harian Pj Bupati di luar kediamannya selama ramadhan bukan tanpa alasan. Memastikan hak-hak dasar masyarakat Kabupaten Barito Kuala terpenuhi, mulai dari sandang, pangan, papan, listrik, air bersih, termasuk hak beribadah adalah tujuannya.

Di hari ke-13 Ramadhan, Minggu (24/3) petang, desa di bagian utara Barito Kuala yakni Desa Jambu, Kecamatan Kuripan menjadi tempat bukber dan sahur Pj Bupati Mujiyat.

Hadir juga dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Barito Kuala, Zulkipli Yadi Noor, Kepala BNN, para Pimpinan SKPD, Camat lingkup Kab. Barito Kuala, kepala desa, dan aparat serta tokoh agama Desa Jambu.

Bukber yang dilaksanakan di Masjid Miftahul Jannah itu terlihat bernuansa kebersamaan dan kekeluargaan begitu kental dalam bukber dengan menu yang didominasi hasil sungai.

Menuju waktu berbuka puasa bersama yang diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an, acara yang dipimpin oleh Kepala Desa Jambu, Kasransyah dengan hormat mempersilahkan Pj Bupati Mujiyat memberikan sambutan.

Dengan isi sambutan yang mengajak warga meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Tentunya seusai perintah-Nya dan contoh dari Nabi Muhammad yang disampaikan para da’i atau para alim-ulama.

Terlebih di bulan Ramadhan yang oleh Allah SWT dijanjikan pahala yang berlipat ganda. “Sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan akan mendapat balasan yang berlipat dari Allah SWT, dan sekecil apapun kesalahan yang kita kerjakan juga akan mendapat balasan dari Allah SWT,” kata Pj Bupati.

Dalam Kesempatan ini, Pj Bupati Mujiyat menyerahkan bantuan dana pembangunan dari Pemkab sebesar Rp 25 juta, Bank Kalsel Rp 10 juta, dan PT Talenta Rp 10 juta.

Usai bukber, Pj Bupati dan rombongan menunaikan sholat magrib berjamaah, sholat isya dan sholat tarawih bersama warga dilaksanakan di masjid yang sama.

Sementara itu, untuk santap sahur Pj Bupati dan rombongan dilaksanakan di kediaman Kades Desa Jambu, Kasran. Sholat subuh berjamaah di Masjid Miftahul Jannah. Usai sholat, Pj. Bupati Mujiyat dalam sambutannya kembali memberikan motivasi kepada masyarakat jambu yang selayaknya tidak perlu malu dan berkecil hati jika terbilang tinggal di pedesaan.

Seperti halnya orang-orang asli Kecamatan Kuripan yang sudah telah sukses menuntut ilmu hingga menjadi dosen atau bahkan ilmuan, kiranya harus berpikir visioner jauh luas ke depan agar nantinya generasi-generasi mendatang di Desa Jambu khususnya bakal menjadi orang-orang sukses masa mendatang.

Kemudian Pj Mujiyat juga mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Apakah itu karena hasil panen yang baik, atau bahkan hasil panen yang kurang memuaskan sekalipun dan nikmat lainnya.

Namun kesyukuran yang utama adalah melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya. Dicontohkan Pj. Bupati, yakni memakmurkan masjid yang sudah dibangun dengan sholat berjamaah dan tadarus Al- Qur’an. Yang tidak boleh dilupakan juga adalah membayar zakat.

Menutup kegiatan, Kepala Desa Kasransyah beserta panita Masjid Miftahul Jannah Desa Jambu mengadakan pengundian kupon doorprize dan Pj Mujiyat juga turut membagikan sebagian rizkinya kepada warga yang hadir dalam sholat subuh berjamaah hingga foto bersama sebelum Pj Bupati beserta l meninggalkan Desa Jambu.

Mahmud Shalihin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *