Turdes di Balangan, Paman Birin dan Acil Odah Tinjau Sunatan Massal hingga Serahkan Bantuan

Avatar

KabarKalimantan, Balangan – Warga Bumi Sanggam Kabupaten Balangan menyambut kedatangan rombongan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang didampingi Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah di UPTD Puskesmas Batu Mandi, Kamis siang (03/07/2024).

Kehadiran Paman Birin bersama tim turdes di lokasi ini merupakan rangkaian kegiatan Turdes 2024 “Menembus Batas ke-10” yang memasuki hari ke empat dari waktu yang dijadwalkan 1 – 6 Juli.

Kedatangan Paman Birin disambut yel-yel oleh anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Balangan dan kesenian hadrah tepat di pintu masuk, sesaat setelah melakukan penanaman pohon di halaman UPTD Puskesmas Batu Mandi.

Setelah itu, Paman Birin didampingi Acil Odah yang datang lebih awal, langsung menuju area sunatan massal gratis.

Tak sekedar menyaksikan anak-anak dikhitan, Paman Birin yang sempat bertugas di Puskesmas saat berstatus ASN itu, mengkhitan langsung salah satu anak atas nama Misbah, bocah 8 tahun putera Muhammad Arsyad yang berdomisili di Kecamatan Batumandi.

Istri Arsyad yang turut mendampingi suaminya untuk mengkhitan anak mereka, mengaku terharu sekali disertai rasa senang dan bangga, anaknya yang masih duduk di sekolah dasar itu, disunat langsung orang nomor satu di Kalsel.

“Tidak menyangka, senang sekali,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Paman Birin menyebutkan, meskipun turdes tahun ini merupakan yang ke 10 kali dilakukannya, Paman Birin berharap tahun depan kegiatan serupa masih sempat dilanjutkan.

Turdes yang melibatkan para pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kalsel ini ujar Paman Birin dimaksudkan untuk menyerap aspirasi masyarakat sekaligus mengetahui kondisi daerah, hingga kawasan terpencil dan terpelosok.

Turut mendampingi Paman Birin, Guru Supian Al-Banjari, sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel, Staf Ahli Gubernur, Direktur RSJ Sambang Lihum, Dirut Bank Kalsel, Pj Bupati HSU, dan pejabat lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan Sutikno mewakili Bupati dan warga Balangan, menyampaikan terimakasih atas kehadiran Paman Birin dan rombongan di lokasi kegiatan, dengan segala bantuan yang diberikan kepada warga Balangan, termasuk perbaikan sebagian ruas jalan utama di daerah setempat.

Secara rinci, kegiatan di UPTD Puskesmas Batumandi Kabupaten Balangan ini berupa sunatan massal, pemberian makanan tambahan (Dinas Kesehatan), penyerahan bingkisan untuk anak Khitan (TP PKK dan Bank Kalsel), dan bantuan hibah kepada BUMDes (Dinas PMD & TP PKK).

Dibagikan juga paket sembako (Dinsos & TP PKK), menyaksikan Pelayanan Dukcapil (Aktivasi IKD) (Disduk Capil), penanaman Pohon (Dinas Kehutanan), bantuan untuk anak sekolah (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan), penyerahan Paket Peternakan & Perkebunan (Disbunak), pemberian Produk Ikan Olahan (Dinas Perikanan & Kelautan) Pembagian Bendera Merah Putih (Kesbangpol).

Masih di acara yang sama, diserahkan secara simbolis Baperstock untuk penguatan logistic kebencanaan (BPBD), bantuan APAR / TAS SIAGA Bencana (Kotak P3K) (TP PKK, Satpol PP dan BPBD), bantuan Untuk Anak dan Remaja (DP3AKB dan TP PKK), pembagian Buku Pahlawan Nasional Kalsel kepada DHC 45 (Kesbangpol) Pembagian Bibit (Dishut), dan bantuan Sembako (DPKP dan TP PKK).

Sebelum rombongan Paman Birin dan Acil Odah meninggalkan tempat, disampaikan tausiah oleh Guru Supian Al-Banjari yang mengikuti semua rute perjalanan turdes. (sal/adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *